Kamis, 24 Maret 2016

Materi Belajar Pembesian Struktur Beton Bangunan

Dalam proses pelaksanaan pembangunan untuk rumah tinggal, perkantoran maupun gedung bertingkat dibutuhkan struktur bangunan dimana salah satunya menggunakan struktur beton. Pada kesempatan ini dibahas pembesian / penulangan struktur beton untuk bangunan. pekerjaan selanjutnya proses perakitan tulangan struktur kolom, balok, tangga dan plat lantai dapat dilihat pada video animasi berikut ini:

Pembesian kolom lantai bawah dilengkapi dengan bekisting atau cetakan beton untuk struktur beton bagian bawah dapat seperti pada gambar dibawah ini.
bekisting pembesian kolom bawah
Setelah pembesian kolom lantai bawah dan bekisting kolom selesai dirakit, maka pengecoran dimulai untuk struktur kolom bagian bawah tersebut.
pengecoran struktur beton kolom bawah
Bekisting balok dan bekisting lantai atas dibuat sebagai acuan cetakan struktur beton atas. Dimensi bekisting tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan gambar rencana.
bekisting balok dan plat lantai atas
Pekerjaan berlanjut pada pembuatan penulangan balok lantai atas berkaitan pada pembesian kolom. Jumlah besi dan jarak sengkang / begel disesuaikan dengan gambar rencana yang dibuat berdasarkan beban yang ditopang.
pembesian balok dan kolom lantai atas
Pembesian untuk struktur lantai atas dirangkai berkaitan pada penulangan balok dan kolom yang sudah diselesaikan sebelumnya. Agar besi bagian bawah tidak menempel pada bekisting dibutuhkan beton tahu  / beton decking dengan tebal sesuai selimut beton. Sedangkan untuk besi bagian atas digunakan penopang tulangan agar saat diinjak saat perakitan dan pengecoran tidak melendut kebawah.
pembesian plat lantai atas
Untuk bekisting tangga, dibuat sesuai ukuran gambar kerja yang direncanakan dimana jumlah optrade dan aantrade sudah ditentukan berdasarkan perhitungan ketinggian lantai atas.
bekisting tangga
Penulangan tangga dirangkai dengan mengait pada pembesian balok lantai atas. Beton decking diletakan pada bagian bawah dan samping agar pembesian tangga tidak menempel pada bekisting.
pembesian tangga
Maka setelah pekerjaan rangkaian pembesian struktur lantai atas selesai dimulailah pengecoran dimulai pada bagian balok dan plat lantai atas.
pengecoran balok dan lantai atas
Pengecoran berlanjut pada bagian tangga seperti pada gambar ilustrasi dibawah ini.
pengecoran tangga
Setelah coran beton mengering, pekerjaan pasangan dinding untuk lantai atas dapat dimulai dengan menumpu pada balok lantai atas.
pemasangan dinding
Pekerjaan dinding dilanjutkan dengan plesteran dinding.
plaster dinding
Demikian ulasan yang membahas pekerjaan pembesian / penulangan struktur beton untuk bangunan, semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar